Ads 468x60px

Monday 9 December 2013

SKS "Sistem Kebut Semalam"

           Sistem baru kini tlah muncul dan menyebar dengan signifikan, sistem baru itu biasa dikenal dengan sebutan “SKS” atau “Sistem Kebut Semalam”. Sistem ini seperti penyakit musiman yang biasanya muncul saat masa ujian, bukan hanya saat ujian tapi Kebiasaan mengerjakan tugas baik itu Makalah, draft, dan yang lainnya relatif menganut sistem ini. Alasan yang biasanya terdengar, “kalau dikerjakan mepet itu lebih cepat, kalau belajarnya semalam sebelum ujian lebih diingat”, entah apapun alasanya yang pastinya sistem SKS ini berdampak negatif.

Beberapa Alasan Sistem ini Dianggap Berbahaya:
1.      Bukan orang Jenius
sistem ini tidak pernah memberikan hasil maksimal, karena pasti kekurangan waktu untuk memahami materi ujian.

2.      Otak perlu istirahat
Kita perlu tidur yang cukup menjelang ujian dan sistem SKS tentu akan mengurangi jam tidur kita. John Medina seorang molecular biologist penulis buku brain rules dalam bab “sleep well, think well” berkata “sel-sel saraf otak kita menunjukan aktifitas yang kuat ketika kita tidur – mungkin memutar ulang apa yang telah kita pelajari di hari itu”.
Jadi, sistem kebut semalam menurunkan kualitas berpikir kita yang sebetulnya akan efektif jika kita menjalani tidur yang cukup.

3.      Belajar butuh ketenangan
Ketenangan pikiran dan emosi sangat diperlukan saat belajar. Sistem kebut semalam tidak memberikan ketenangan pikiran maupun emosi. Kita terlalu terburu-buru dalam mempelajari bahan pelajaran, kita berpacu dengan matahari terbit sehingga daya konsentrasi menurun.

4.      Belajar itu perlu berlatih
Ketika kita belajar dengan sistem kebut semalam, kita hanya punya sedikit waktu untuk berlatih karena waktu belajar kita yang mepet itu kita gunakan untuk belajar bukan berlatih.
Padahal pemahaman itu relatif didapatkan saat berlatih.

5.      Gagal dalam Ujian
Ini dampak yang paling berbahaya dan sering terjadi, dikarenakan belajar semalaman kondisi badan saat ujian kurang fit bahkan SAKIT dan yang pastinya Ngantuk, Hasilnya TIDUR saat Ujian
 
JADI: SKS itu BAHAYA, Hindari, Jauhi, Stop SKS
Jujur Ane juga sering menganut sistem ini, tapi dengan kesadaran perlahan kita berubah
karena : >>>>
HANYA KELEDAI YANG MAU JATUH PADA LUBANG YANG SAMA

2 komentar:

Cara Seo Blogger