Ads 468x60px

Thursday 17 April 2014

Sarjana muda[H]

Senang, gembira, suka cita, dinanti, semua rasa bahagia itu terlukis dalam benak dan raut wajah, namun dilain pihak kegundahan itu tetap ada dan rasa resah itu tentu hadir, dalam renungan timbul pertanyaan sakral yang tentu akan hadir bagi setiap mahasiswa
1. Sudah layakkah menjadi seorang sarjana?
2. Apa yang telah saya kuasai menjadi seorang sarjana?
3. Sudah seberapa besar ilmu yang saya miliki?
4. Manfaat apa yang bisa saya tebar sebagai seorang sarjana?
5. Sudah siapkah saya terjun dalam dunia berbangsa dan bernegara?
6. Bisakah menjadi teladan dalam masyarakat?
7. Lapangan pekerjaan apa yang saya miliki dalam memberdaya masyarakat?
8. sudah siapkah mengaplikasikan profesi yang saya jalani dikampus?
9. Sudah siapkah menjadi pemimpin baik utk dri sendiri, keluarga dan masyarakat?

Pertanyaan itu sungguh membuat pusing mahasiswa yang sadar akan peranya sebagai sarjana, karena title sarjana itu bukan hanya penambahan huruf dalam nama, namun mengemban amanah yang begitu besar, baik untuk pribadi maupun lingkungan sekitar, untuk menjadi sarjana itu mudah, namun untuk menjadi sarjana yang siap dan sadar peranya itu butuh pemahaman yang jelas dengan kesadaran terhadap ilmu yang dia punya, karena sekali lagi saya katakan ilmu itu amanah,,,... sudah banyak contoh sarjana yang hidupnya tidak sesuai dengan title yang dia punya, bahkan ada juga yang malah MALU untuk menyebutkan title nya karena dirinya dan hidupnya tidak sesuai dengan title itu sendiri,,,

Sekarang kita selayaknya bertanya pada diri sendiri SARJANA dengan umur yang masih MUDA atau hanya menjadi SARJANA MUDAH (yang penting sarjana)???
Karena jika benar "Sarjana" pasti dan jelas pertanyaan diatas mampu dijawab dengan tegas
Namun jika sarjana MUDAH, ya.... mudah putus asa serta mudah bingung menjalani hidup
saya harap kita semua tidak tergolong orang yang malu dengan title itu sendiri
Karena title itu simbol, dan aplikasi dari title itu merupakan parameter kelayakan title itu sendiri

Sedikit pesan dari saya, untuk saya pribadi dan untuk kita semua (khususnya rekan2 satu almamater)
Bagi yang masih asal-asalan kuliah, asal-asalan mengerjakan dan mengumpulkan tugas, segera perbaiki sikap mental yang seperti itu, Ubahlah menjadi sikap belajar yang lebih tangguh, sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, cari berkah dari setiap ilmu yang didapat, terus asah kecakapan diri sendiri, tebarlah kebaikan dan manfaat diri, karena penyesalan itu akan hadir bagi yang terlena dengan kesenangan yang tidak bermanfaat,
Jadikan diri kita semua sebagai SARJANA yang benar layak menjadi teladan bagi masyarakat
>>>>>7
http://nedfer.blogspot.com/

0 komentar:

Post a Comment

Cara Seo Blogger